Kamis, 13 Juni 2013

Perancangan dan Penjelasan Game Processing " Ball "

Pada pembahasan kali ini saya akan membuat sebuah game “Ball” sederhana dengan menggunakan bahasa pemrograman Processing. Bagi Anda yang belum mempunyai program processing silahkan download di www.processing.org . Setelah di download ekstrak processing.rar nya maka folder processingnya akan berisi seperti gambar dibwah ini :


Setelah itu jalan kan program Processing.exe maka tampilannya akan seperti berikut :


Setelah itu kita mulai membuat kodingan pada lembar kerja processing. Setelah semu kodingan sudah lengkap lalu kita save kodingan kita, caranya File > Save As > lalu pilih di folder mana kita akan simpan kodingannya. Seperti gambar berikut :



Setelah di save lalu run kodingan yang telah kita buat dengan klik tombol play atau tekan Ctrl + R. Maka hasilnya akan jalan program game “Bola” sperti gambar dibawah ini :


Pada game ini dimainkan oleh satu pemain, pemain harus memasukkan bola menuju goal yang berwarna kuning pada berada di sebelah kiri . Background biru langit pada layar. Pemain akan diberikan nyawa sebanyak 5 buah. Untuk memulai permainan kita cukup run permainan ini dari processing dan permainan akan langsung mulai. Lalu, pemain menggerakkan papan pointer untuk mengarahkan bole kepada goal. Untuk menggerakkannya cukup menggeserkan mouse atau mousepad yang berada pada laptop, untuk mendapatkan skor/nilai yang tinggi.


RULES
Aturan main (rules) pada game “Bola” adalah sebagai berikut:
  • Pada game Bola ini hanya bisa dimainkan oleh satu orang pemain.
  • Untuk memulai permainan, otomatis setelah permainan ini terbuka. Dan pemain hanya tinggal menggerakkan pemukul bola atau papan pointer ke arah datangnya bola.
  • Pemain akan mendapatkan skor/nilai, kita harus mengarahkan bola kearah goal yang terdapat pada kiri layar dan berwarna kuning.
  • Permainan selesai apabila nyawa pemain telah habis.

LISTING PROGRAM

/* OpenProcessing Tweak of *@*http://www.openprocessing.org/sketch/3240*@* */
/* !do not delete the line above, required for linking your tweak if you re-upload */
void setup() {
  size(400, 400);
  background(bg);
  stroke(random(255),random(255),random(255));
  frameRate(200);
  PFont font;
  font = loadFont("MyriadWebPro-18.vlw");
  textFont(font, 18);
}

color bg = #40E0D0, goal = #FFFF00;
boolean looping = true;
int lives = 5, score = 0, shake = 0;
float
  ballPosX = 0.0, ballPosX2 = 0.0, ballVelX = 3,
  ballPosY = 0.0, ballPosY2 = 0.0, ballVelY = 0.0,
  ballRad = 8, grav = 0.02,
  mouseX1 = mouseX, mouseY1 = mouseY,
  mouseX2 = mouseX1, mouseY2 = mouseY1,
  mouseVelX = mouseX1 - mouseX2, mouseVelY = mouseY1 - mouseY2,
  mouseVelX1 = mouseX1 - mouseX2, mouseVelY1 = mouseY1 - mouseY2,
  mouseVelX2 = mouseX1 - mouseX2, mouseVelY2 = mouseY1 - mouseY2,
  mouseVelX3 = mouseX1 - mouseX2, mouseVelY3 = mouseY1 - mouseY2,
  padWid = 30, goalX
;


void draw() {
  fill(0);
  text("Nilai: ", 3, 16); text(score, 80, 16);
  ellipseMode(RADIUS); noFill();
  for (int i = 1; i < 15; i = i+1) {
    if(i > lives) {stroke(bg);}
    ellipse(i*18, 30, 4, 4);
  }
  stroke(bg);
  line(mouseX2 - padWid-1, mouseY2, mouseX2 + padWid+1, mouseY2);
  mouseX2 = mouseX1; mouseY2 = mouseY1;
  ellipse(ballPosX2, ballPosY2, ballRad, ballRad);
  rect(goalX, height*0.4, 2, height*0.2);
  stroke(goal);
  goalX = random(shake/10)-shake/20+2;
  if(shake > 0) {shake = shake -1;}
  rect(goalX, height*0.4, 2, height*0.2);
  stroke(#FF0000); rect(5, height-4, width-10, 2);
  stroke(0);
  rect(0, 0, width-1, height-1);
  line(mouseX1 - padWid, mouseY1, mouseX1 + padWid, mouseY1);
  mouseX1 = mouseX; mouseY1 = mouseY;
  ellipse(ballPosX, ballPosY, ballRad, ballRad);
  ballPosX2 = ballPosX;            ballPosY2 = ballPosY;
  ballVelY = ballVelY + grav;
  ballPosX = ballPosX + ballVelX;  ballPosY = ballPosY + ballVelY;
  if(ballPosX + ballRad > width) {
    ballPosX = width - ballRad;
    ballVelX = ballVelX * -0.9;
  } else if(ballPosX - ballRad < 0) {
    ballPosX = ballRad;
    ballVelX = ballVelX * -0.9;
    if(ballPosY > height*0.4 && ballPosY < height*0.6) {
      stroke(bg); fill(bg);
      rect(0, 0, 160, 20);
      shake = shake + int(ballVelX*100);
      score = score + shake;
      padWid = padWid - 1;
      if(int(padWid/5) == padWid/5) {lives = lives +1;}
    }
  }
  if(ballPosY + ballRad > height-1) {
    ballPosY = height-1 - ballRad;
    ballVelY = ballVelY * -0.9 +0.1;
    ballVelX = ballVelX * 0.99;
    lives = lives - 1;
    stroke(bg); fill(bg);
    rect(1, 1, 160, 20);
    if(lives < 1) {
      fill(bg); ellipse(18, 30, 4, 4);
      fill(0);
      text("Nilai : ", 3, 16); text(score, 80, 16);
      text("KALAH", 3, 32);
      score = 0;
      ballPosX = 0; ballVelX = 3;
      ballPosY = 0; ballVelY = 0;
      padWid = 30;
      lives = 5;
      looping = false;
      noLoop();
    }
  } else if(ballPosY - ballRad < 0) {
    ballPosY = ballRad;
    ballVelY = ballVelY * -0.9;
  }
  mouseVelX3 = mouseVelX2; mouseVelY3 = mouseVelY2;
  mouseVelX2 = mouseVelX1; mouseVelY2 = mouseVelY1;
  mouseVelX1 = mouseX1 - mouseX2; mouseVelY1 = mouseY1 - mouseY2;
  mouseVelX = (mouseVelX1 + mouseVelX2 + mouseVelX3)/3;
  mouseVelY = (mouseVelY1 + mouseVelY2 + mouseVelY3)/3;
  if(ballPosY + ballRad > mouseY1 && ballPosY < mouseY1 &&
     ballPosX + ballRad > mouseX1 - padWid &&
     ballPosX - ballRad < mouseX1 + padWid && ballVelY > mouseVelY) {
    ballPosY = mouseY1 - ballRad;
    ballVelY = 0-ballVelY + mouseVelY * 0.8 +0.1;
    ballVelX = ballVelX + (mouseVelX - ballVelX)/4;
  } else if(ballPosY - ballRad < mouseY1 && ballPosY > mouseY1 &&
     ballPosX + ballRad > mouseX1 - padWid &&
     ballPosX - ballRad < mouseX1 + padWid && ballVelY < mouseVelY) {
    ballPosY = mouseY1 + ballRad;
    ballVelY = 0-ballVelY + mouseVelY * 0.8;
    ballVelX = ballVelX + (mouseVelX - ballVelX)/4;
  }
}

void mousePressed() {
  if(looping) {noLoop(); looping = false;} else {loop(); looping = true; background(bg);}
}


LOGIKA PROGRAM

//Diatas merupakan potongan kode  yang kita bisa mengetahui hal-hal apa saja yang terjadi dari mulai pembuatan game sampai action yang berjalan ketika game berakhir. Dimulai dari pembentukan layout, bahwa ukuram layout yang dibuat untuk area game ini 400 x 400. Untuk font yang digunakan adalah MyriadWebPro berukuran 18. Font ini digunakan untuk merubah style font score yang akan terpampang ketima game dimainkan.//

void setup() {
  size(400, 400);
  background(bg);
  stroke(random(255),random(255),random(255));
  frameRate(200);
  PFont font;
  font = loadFont("MyriadWebPro-18.vlw");
  textFont(font, 18);
}

//Agar layout game terlihat lebih menarik maka kita perlu memberikan warna yang bisa kita lihat dari potongan program di bawah ini. color bg berfungsi untuk memeberi warna untuk background area game. Warna yang digunakan yaitu Ivory dengan kode #fffff0. Sementara itu untuk goalnya kita akan beri warna hijau dengan kode #40d040. Goal berfungsi sebagai area yang tujuan di alirkannya bola. Nantinya jika bola mengenai area goal, maka user akan mendapatkan score yang akan terus dikalkulasikan. Besar kecilnya score yang diperoleh tergantung dari jarak area bola terakhir menyentuh dengan area goal. Semakin jauh jaraknya, maka score yang didapatkan akan semakin tinggi.//
color bg = #40E0D0, goal = #FFFF00;
boolean looping = true;
int lives = 5, score = 0, shake = 0;
float
  ballPosX = 0.0, ballPosX2 = 0.0, ballVelX = 3,
  ballPosY = 0.0, ballPosY2 = 0.0, ballVelY = 0.0,
  ballRad = 8, grav = 0.02,
  mouseX1 = mouseX, mouseY1 = mouseY,
  mouseX2 = mouseX1, mouseY2 = mouseY1,
  mouseVelX = mouseX1 - mouseX2, mouseVelY = mouseY1 - mouseY2,
  mouseVelX1 = mouseX1 - mouseX2, mouseVelY1 = mouseY1 - mouseY2,
  mouseVelX2 = mouseX1 - mouseX2, mouseVelY2 = mouseY1 - mouseY2,
  mouseVelX3 = mouseX1 - mouseX2, mouseVelY3 = mouseY1 - mouseY2,
  padWid = 30, goalX
;

//Score akan bertambah jika mengenai goal, hal ini bisa kita lihat dari potongan program berikut.//
      shake = shake + int(ballVelX*100);
      score = score + shake;

//Langkah terakhir adalah memberi action ketika mouse diklik. Jika dalam kondisi kesempatan masih ada, maka action mouse ketika diklik adalah me-pause game. Sedangkan jika dalam kondisi game over, maka ketika mouse di klik secara otomatis sistem akan membawa user dalam permainan baru.//
void mousePressed() {
  if(looping) {noLoop(); looping = false;} else {loop(); looping = true; background(bg);}
}


UJI COBA
Pada bagian ini kita akan menguji coba program game yang telah kita buat. Untuk menjankan program tersebut tekan button play.
·         State awal


·         Get Score
·         Game Over

Senin, 10 Juni 2013

4 Game Trend iPhone Dengan Grafis Terbaik

Berikut ini adalah game paling trend yang ada pada iPhone dengan grafis yang sangat baik, yaitu :

1. Infinity Blade II

Tidak ada yang meragukan grafis yang ada di Infinity Blade II. Game ini adalah game pertama yang dibuat dengan menggunakan Unreal Engine 3. Kehadiran Infinity Blade II dengan teknologi anti-aliasing yang lebih baik, semakin meneguhkan game ini sebagai game dengan grafis terbaik yang pernah ada di iOS.

2. Real Racing 2
Shadow, detail dari setiap mobil, dan pencahayaan yang ada di dalam Real Racing 2 sangat mengagumkan. Real Racing 2 berhasil membawa game racing yang ada di iOS naik ke level yang lebih tinggi. Apalagi dengan update terbaru dari Firemonkey membuatnya mendukung format 1080p pada TV layar datar. Kehadiran Real Racing 3 pada tahun ini saya rasa akan membuat Real Racing Series tidak ada tandingan untuk game mobile.

3. N.O.V.A 3
                                       
Walaupun dibuat dengan menggunakan engine game buatan sendiri, ternyata Gameloft masih bisa bersaing dan hal ini dibuktikan dengan kehadiran N.O.V.A 3 untuk iPhone dan iPad. Setelah mendapat update 1.0.1 game ini baru mendukung layar retina display untuk iPad 3. Kamu tidak akan ragu memainkannya bila melihat screenshot dibawah dan N.O.V.A 3 merupakan game FPS terbaik yang pernah diproduksi Gameloft.

4. Dead Trigger

Dengan menggunakan Unity 3D, Madfinger Games menjadikan Dead Trigger bersaing ketat dengan N.O.V.A 3 sebagai game FPS dengan tema yang berbeda. Developer game ini menggunakan advanced lighting dan post process effects untuk menghasilkan gambar yang mengundang decak kagum.

Referensi : http://gamesaku.com

Sabtu, 08 Juni 2013

Game PC yang Populer di Tahun 2013

Game PC sudah tidak asing lagi bagi warga dunia khususnya Indonesia. Game adalah aplikasi yang mengasikkan hingga membuat lupa diri dan lupa waktu. Game juga dapat membuat kita seolah-olah memerankan peran pemain game itu dan menikmati suasana sekitarnya. Selain itu kita juga merasa tertantang untuk memenangkan permainan tersebut.  Berikut adalah beberapa game yang sedang populer di tahun 2013 ini.

1. PES 2013


 PES atau Pro Evolution Soccer ini sudah dikenal oleh gamers Indonesia dan dunia. Sejak peluncuran pertamanya oleh vendor game KONAMI, game ini langsung digemari para gamers. Bahkan ada juga yang tidak sabar menunggunya kala itu. Tampilan 3D nya yang terlihat nyata tidaklah mengecewakan football gamers. Dilengkapi dengan fitur online membuat kita dapat bermain dengan lawan dari seluruh penjuru dunia adalah salah satu fitur baru yang membuat gamers lebih mencintainya. Gerakan ala bintang sepak bola juga ditambahkan hingga membuat pemain game ini seakan menjadi bintang lapangan sungguhan. Jadi jika anda belum merasakan serunya, maka anda bukanlah gamers sejati. 

2. CRYSIS 3


Game ini sangat seru untuk dimainkan, latar belakangnya adalah seorang super hero yang menjadi seorang pemburu di Kota New York yang digambarkan dengan keadaan yang sudah hancur lebur.Misi gam ini adalah untuk membangkitkan peradaban manusia di muka bumi ini. Untuk dapat memainkan game ini, PC atau Laptop anda harus memiliki spek tinggi dikarenakan game ini memiliki spesifikasi dan efek aplikasi yang banyak terutama resolusi yang sangat tinggi.

3. FM 2013


Football Manager 2013 atau lebih dikenal dengan fm 2013 adalah game strategi. Dalam game ini anda akan menjadi pelatih suatu klub dari seluruh dunia. Tugas utama anda di game ini adalah memenangkan setiap pertandingan dan membawa tim anda menjadi tim terbaik. Sebagai manager anda dapat membeli pemain, begitulah salah satu cara anda membangun tim. Pemain yang hebat haruslah diimbangi dengan taktik jitu juga. Anda akan merasa sebagai pelatih sungguhan. Game ini akan terasa lebih seru jika dimainkan banyak orang yang dapat membuat anda merasa terlibat langsung dalam suatu liga. Pemain 3D juga akan membuat anda benar-benar menjadi pelatih. Sebagai gamers pc, jangan lupa untuk memainkan game ini.

4. Gran Turismo 5

Game ini dikeluarkan oleh vendor game Song Computer Entertainment. GranTurismo 5 juga dikenal dengan nama GT5. Game ini dapat dimainkan sendiri, bersama atau online. Pada lintasan tertentu, pemain akan diberikan efek hujan. Selain itu pemain juga dapat menciptakan lagu sendiri.

5. Resident Evil 6


Siapa yang tidak tahu Game ini? Ya, sekarang resident evil sudah mencapai series ke-6. Game ini sudah dikembangkan sejak 2010. Game ini diproduksi oleh capcom. Dalam game ini kita akanmembunuh mayat-mayat hidup atau lebih dikenal dengan zombie. Hal yang membedakan dari zombie sebelumnya adalah mereka dapat berlari, melompat dan menggunakan senjata. untuk dapat memainkan game ini komputer anda harus memilikiSpek minimum OS: Windows Vista®/XP, Windows 7, Windows 8, prosesor: Intel® CoreTM2 Duo 2.4 Ghz, AMD AthlonTM X2 2.8 Ghz Memori: 2 GB RAM, Hard Disk: 16 GB, Video Card: NVIDIA® GeForce® 8800GTS atau lebih baik, DirectX®: 9.0c ke atas.


5 Konsol Game Terbaik



Jika anda seorang gamer yang juga bisa disebut sebagai maniac game, tentu anda membutuhkan perangkat atau konsol game terbaik yang dapat mendukung hobby anda untuk bermain setiap game terbaru, Berikut adalah 5 konsol game terbaik untuk bermain game.

1.      PS3 Slim terbaru


PS3 Slim terbaru dengan ukurannya yang slim dan kecil yang mempertahankan segala sesuatu yang kita suka tentang konsol game PlayStation 3, PS3 slim terbaru akan tersedia dalam dua model yang berbeda, dengan 250GB dan 500GB HDD yang akan memungkinkan anda untuk menyimpan lebih banyak data, playstation 3 slim terbaru juga memiliki desain yang kecil dan ramping sekitar 25% lebih kecil dan 20% lebih ringan dari PS3.

2.      Nintendo Wii U

Gadget terbaru dari Nintendo yaitu Nintendo Wii U, Nintendo Wii U adalah perangkat game yang tangguh yang memiliki kontroler yang sangat unik yang pada dasarnya adalah sebuah tablet dengan layar 6,2 inci yang hanya dikenal sebagai Wii U Gamepad yang memungkinkan anda bisa berinteraksi dengan permainan anda di televisi atau anda juga bisa bermain secara offline tanpa televisi dengan hanya menggunakan Gamepad anda.

3.      Nintendo 3DS XL

Nintendo 3DS XL adalah perangkat game portabel yang solid, nintendo 3DS xl telah meningkatkan layar 3DS sebesar 90 persen dan efek 3Dnya tampak lebih mudah untuk dilihat Nintendo 3DS XL disebut-sebut sebagai perangkat yang jauh lebih ergonomis dengan daya tahan baterai lebih baik daripada pada 3DS aslinya.

4.      Sony PlayStation Vita

Dengan layar 5 inci PlayStation Vita memberikan visual yang menakjubkan, layar sentuh OLED terlihat hampir sama baiknya dengan grafis pada PlayStation 3, Lineup peluncuran Sistem ini sangat mengesankan, melalui PlayStation Network memungkinkan anda untuk men-download beberapa permainan, Sistem operasi Vita dirancang sangat rapih, mudah digunakan, dan ultraresponsive. dan memiliki daya tahan baterai yang sangat baik.

5.      Xbox 360

Xbox 360 merupakan terobosan teknologi canggih yang diciptakan oleh kerja keras dari ratusan dalang di seluruh dunia yang berkumpul untuk menciptakan perangkat game terbaik, Xbox 360 mengubah apa yang terlihat pada permainan seperti menjadi seperti nyata membuat seperti lebih hidup dengan detail yang baik, dengan anti-aliasing grafis yang halus dan multi-channel surround sound.



Referensi : http://indowebsia.com